MANAJEMEN KEUANGAN

October 12th, 2011 by cindywahyudi

Manajemen keuangan dapat juga ditangani oleh seseorang yang menjabat sebagai treasurer perusahaan atau wakil direktur keuangan. Dua tanggung jawab utama adalah untuk mendapatkan dana dan untuk menegendalikan kas perusahaan, akun kredit (piutang), dan persediaan. Keuangan merupakan aktivitas penting, baik dalam organisasi yang berorientasi laba maupun nirlaba.
Berikut ini tiga penyebab utama bagi perusahaan untuk gagal secara keuangan :
1. Kekurangan modal atau undercapitalization (tidak memiliki cukup dana untuk menulai bisnis).
2. Pengendalian arus kas yang buruk.
3. Pengendalian biaya yang tidak memadai.

Manfaat dari memahami Keuangan
Kata kuncinya adalah memahami. Anda tidak perlu mengejar karier di bidang keuangan untuk memahami keuangan. Pemahaman keuangan sangat penting bagi siapa pun yang ingin memulai sebuah bisnis kecil,investasi saham dan obligasi, atau merencanakan dana pension.

APA ITU MANAJEMEN KEUANGAN ?
Manajer keuangan bertanggung jawab memastikan bahwa perusahaan melunasi tagihan – tagihan secara tepat waktu dan untuk menagih piutang yang telah jatuh tempo unuk memastikan bahwa perusahaan tidak terlalu merugi akibat piutang macet.

PERENCANAAN KEUANGAN
Perencanaan keuangan merupakan tanggung jawab utama dari manajer keuangan di dalam bisnis. Perencanaan keuangan mencakup proses menganalisis arus uang jangka pendek ke dan dari perusahan. Sasaran keseluruhan dari perencanaan keuangan adalah untuk mengoptimalkan fropitabilitas perusahaan dan mengatur kegunaan terbaik uangnya.
Perencanaan keuangan meliputi :
• Memproyeksi Kebutuhan keuangan
Proyeksi jangka pendek (short-term forecast) memprediksi pendapatan, biaya, dan beban untuk periode satu tahun atau kurang. Sebagian dari proyeksu jangka pendek bisa jadi dalam bentuk proyeksi arus kas (cash flow forecast) yang memprediksi arus kas masuk dan keluar pada periode mendatang. Proyeksi jangka panjang (long-term forecast) memprediksi pendapatan, biaya dan beban untuk periode lebih lama dari 1 tahun, dan terkadang selama 5 atau 10 tahun mendatang.
• Bekerja dengan Proses Anggaran
Anggaran adalah sebuh proses rencana keuangan, menjelaskan harapan manajemen atas pendapatan dan, dengan dasar harapan-harapan tersebut, mengalokasikan penggunaan suber daya tertentu di seluruh perusahaan
Ada beberapa tipe anggaran yang dikembangkan di dalam rencana keuangan perusahaan :
- Anggaran modal (capital budget) menyoroti rencana pengeluaran perusahaan untuk pembelian asset-aset utama yang sering kali memerlukan jumlah uang yang sangat besar.
- Anggaran Kas (cash budget) memperkirakan proyeksi arus kas masuk dan keluar yang dapat digunakan untuk mengetahui kekurangan atau kelebihan kas selama periode tertentu.
- Anggaran operasional atau anggaran master (operating budget or master budget) mengikat erat semua anggaran perusahaan lainya dan meringkas aktivitas keuangan bisnis yang direncanakan.
• Mengembangkan Kendali Keuangan
Kendali keuangan (financial control) adalah proses di mana sebuah perusahaan secara rutin membandingkan pendapatan, biaya, dan beban aktualnya dengan anggaran. Manajer keuanga dapat menilai jika penyimpangan tersebut dapat atau tidak dapat diperbaiki sehingga memudahkan mereka untuk membuat beberapa penyesuaian keuangan terhadap perencanaan saat dibutuhkan.

KEBUTUHAN AKAN DANA OPERASIONAL
Kebutuhan akan dana operasional tidak akan pernah berakhir. Kebutuhan tertentu yang mana dana harus tersedia, area-area inti mencakup :
• Mengelola Kebutuhan Sehari-hari Bisnis
Tantangan terhadap manajemen keuangan yang baik adalah untuk menegetahui apakah dana tersedia untuk memenuhi kebutuhan kas harian tanpa memperhitungkan potensi investasi perusahaan. Manajemen kas yang efesien penting terutama bagi perusahaan kecil dalam melaksanakan operasional hariannya karena akses mereka ke modal pada umumnya lebih terbatas dibandingkan akan perusahaan yang lebih besar.
• Mengendalikan Operasional Kredit
Bahwa menyediakan kredit membantu mempertahankan kebahagiaan konsumen yang ada dan menarik konsumen baru. Katu kredit untuk menguntungkan, baik bagi konsumen maupun bagi bisnis.
• Memperoleh Persedian yang dibutuhkan
Inovasi seperti pengendalian peersediaan just-in-time membatu mengurangi jumlah dana yang harus ditanamkan perusahaan di persediaan. Juga, dengan mengevaluasi secara seksama rasio perputaran persediaan, perusahaan dapat mengendalikan dengan lebih baik arus kas keluar untuk persediaan. Penting bagi sebuah bisnis dari segala ukuran untuk memahami bahwa system persediaan yang tidak dikelola dengan baik dapat membawa dampak buruk bagi arus kas dan menguras keuangannya.
• Melakukan Pengeluaran Modal (capital expenditure)
Pengeluaran modal (capital expenditure) merupakan investasi utama, baik pada asset berwujud tanah, gedung, dan peralatan maupun asset tak berwujud, seperti paten, merk dagang, dan hak cipta.
• Alternatif Sumber Dana
Sebuah perusahaan dapat mecari untuk menambah modal yang dibutuhkan dengan cara :
- Pendanaan Utang (debt financing) mengacu pada dana yang diperoleh melalui berbagai bentuk pinjaman yang harus dilunasi.
- Pendanaan Ekuitas (equity financing) adalah uang yang diperoleh dari dalam perusahaan atau melalui penjualan kepemilikan di perushaan.
- Pendanaan Jangka Pendek (short-term financing) mengacu pada dana yang dibutuhkan untuk periode satu tahun atau kurang.
- Pendanaan Jangka Panjang (long-term financing) megacu padda dana yang dibutuhkan untuk periode lebih lama dari satu tahun.

MEMPEROLEH PENDANAAN JANGKA PENDEK
Sebagia esar bisnis kecil berfokus pada menjaga keseimbangan sampai meeka mampu membangun modal dan kelayakan kredit. Bentuk pendanaan jangka pendek yang utama dan apa makna dari pendanaan dengan angunan dan tanpa abgunan terkait dengan berbagai cara perolehan dana yang dibutuhkan.
• Kredit Dagang
Kredit dagang (trade credit) adalah praktik membeli barang atau jasa sekarang dan membayarnya kemudian.
• Keluarga dan Teman
Banyak perusahaan kecil memperoleh dana jangka pendek dengan meminjam uang dari keluarga dan teman. Karena dana tersebut dibutuhkan untuk periode kurang dai satu tahun, teman atau kerabat umumnya akan bersedia membantu. Jika seorang pengusaha memutuskan untuk meminta keluarga atau teman untuk bantuan keuangan, penting halnya bagi kedua pihak untuk :
1) Menyetujui syarat-syarat pinjaman spesifik
2) Menyatakan perjanjanjian secara tertulis
3) Menyusun metode pembayaran dengan cara yang sama yang berlaku bagi pinjaman bank/ beberapa tindakan tersebut membantu menjaga keutuhan hubungan kekeluargaan dan pertemanan.
• Bank Komersial
Faktanya hampir setengah dari pendanaan bisnis kecil saat ini didanai oleh bank komersial. Banker yang berpengalaman mampu mendeteksi permasalahan arus kas di awal atau akan lebih bersedia meminjamkan uang pada saat krisis jika pengusaha telah mengembangkan hubungan yang kuat dan bersahabat yang dibangun pada praktik manajemen yang kuat, terpercaya, dan baik
Berbagai Bentuk Pinjaman Jangka Pendek yang Berbeda-beda
Pinjaman dengan angunan (secured loan) merupakan jaminan yang didukung oleh sesuatu yang bernilai seperti property.
Piutang usaha adalah asset yang sering digunakan oleh bisnis sebagai agunan untuk pinjaman, proses ini dinamakan pledging.
Pinjaman tanpa agunan (un secured loan) tidak mensyaratkan peminjaman untuk menyerahkan jaminan bagi lembaga pemberi pinjaman dalam rangka memperoleh suatu pinjaman.
Lini kredit (line of credit) adalah dana jangka pendek tanpa angunan dalam jumlah tertentu yang akan diberikan bank kepada suatu bisnis, dana yang disediakan telah siap tersedia.

“Anjak Piutang”
Salah satu sumber dana jangka pendek yang lumayan mahal bagi sebuah peusahaan adalah anjak piutang (factoring), yang merupakan proses menjual piutang usaha untuk memperoleh kas.

“Surat Utang Komersial”
Satu strategi adalah dengan menjual commercial paper. Surat utang comersial (commercial paper) meliputi surat sanggup bayar tanpa angunan, dalam nominal $100.00 atau lebih yang berakhir dalam 270 hari atau kurang. Surat utang comersial (commercial paper) menyebutkan jumlah uang tertentu yang setuju dibayarkan bisnis kepada pemberi pinjaman (investor) pada tanggal spesifik.

“Kartu Kredit”
Kartu kredit menyediakan lini kredit yang selalu tersedia bagi suatu bisnis yang dapat menghemat waktu dan menghindari kemungkinan adanya kejadian memalukan karena mengalami penolakan untuk kredit bank.

MEMPEROLEH PENDANAAN JANGKA PANJANG
Dalam menetapkan sasaran pendanaan jangka panjang, manajer keuangan biasanya menanyakan tiga pertanyaan :
1) Apakah tujuan-tujuan dan sasaran-sasaran organisasi?
2) Persyaratan keuangan apa saja yang diperlukan untuk mencapai tujuan dan sasaran jangka panjang ?
3) Sumber-sumber pemodalan jangka panjang apa saja yang tersedia, dan sumber mana yang palin sesuai dengan kebutuhan kita ?
Sumber pendanaan jangka panjang berikut ini ?
• Pendanaan Utang
Pendanaan melibatkan peminjaman uang di mana perusahaan memiliki kewajiban legal untuk melunasinya.
- Pendanaan utang dengan meminjam uang dari lembaga peminjaman
Perusahaan yang membangun dan membina hubungan baik dengan bank, perusahaan asuransi, dana pension, perusahaan pendanaan komersial, atau lembaga keuangan lainnya sering kali memperoleh kredit jangka panjang.
- Pendanaan utang dengan menerbitkan obligasi
Jika sebuah organisasi tidak dapat memperoleh kebutuhan dana jangka panjang dengan mendapatkan pinjaman dari lembaga pinjaman, perusahaan dapat mencoba untuk menerbitkan obligasi. Obligasi adalah kewajiban utang jangka panjang dari suatu perusahaan atau pemerintah. Obligasi dengan agunan (secured bond) diterbitkan beberapa bentuk jaminan. Obligasi tanpa agunan (unsecured bond) adalah obligasi yang hanya didukung oleh reputasi penerbit.
• Pendanaan Ekuitas
Pendanaan ekuitas berasal dari pemilik perusahan. Melibatkan penjualan kepemilikan di dalam perusahaan dalam bentuk saham, atau menggunakan laba yang dipertahankanperusahaan untuk diinvestasukan kembalike dalam bisnis (saldo Laba)
- Pendanaan Ekuitas dengan Menjual Saham
Kata kuncinya adalah kepemilikan. Para pembeli saham akan menjadi pemilik organisasi tersebut.jumlah lembar saham yang tersedia untuk dibeli biasanya di tentukan oleh dewan direksi perusahaan.
- Pendanaan Ekuitas dari Saldo Laba
Bahw laba yang diperthankan dan diinvestasikan ulang oleh perusahaan ke dalam perusahan tersebut dinamakan saldo laba (reatained earnings)
- Pendanaan Ekuitas dai Modal Ventura
Modal ventura diinvestasikan ke perusahaan baru atau sedang tumbuh yang dipersepsikan memiliki potensi laba yang besar.

Membuat Keputusan atas Penggunaan Pengukit Keuangan
Memperoleh dana yang dibutuhkan dengan cara meminjam untul menigkatkan tingkat penegmbalian perusahaan disebut pengukit (leverange) perusahaan sangat peduli terhadap biaya modal. Biaya modal (cost of capital) adlah tingkat pengembalian yag harus diperoleh perusahaan untuk memenuhi permintaan dari pemberi pinjaman dan harapan dari pemegang ekuitas.
Saat persyartan dari lembaga keuangan menjadi semakin ketat dan investor semakin memiliki banyak kemauan, sudah pasti pekerjaan manajer keuangan akan semakin datang.

1. Apa yang dimaksud manajemen keuangan?

Jawab : aktivitas perusahaan yang berhubungan dengan bagaimana memperoleh dana, menggunakan dana, dan mengelola asset sesuai dengan tujuan perusahaaan secara menyeluruh.

2. Sebutkan 3 fungsi manajemen keuangan!

Jawab : Investment Decision, financing decision, assets management

3. Apa yang dimaksud dengan Investment Decision?

Jawab : Keputusan terhadap aktiva apa yang akan dikelola perusahaan

4. Apa yang di maksud dengan financing decision?

Jawab : Keputusan berkaitan dengan penetapan sumber dana yang diperlukan dan penetapan perimbangan pembelanjaan yang terbaik

5. Apa yang dimaksud dengan assets management?

Jawab : Keputusan berkaitan penggunaan dan pengelolaan aktiva

6. Tujuan memaksimumkan kemakmuran pemegang saham dapat ditempuh dengan…

Jawab : memaksimumkan nilai sekarang semua keuntungan pemegang saham yang diharapkan akan diperoleh dimasa datang

7. Sebutkan faktor-faktor harga pasar saham!

Jawab : erning per share, price erning ratio, tingkat bunga bebas risiko, tingkat kepastian operasi perusahaan

8. Sebutkan 3 karakteristik secara umum pasar modal sempurna!

Jawab : tidak ada biaya transaksi, tidak ada pajak, ada cukup banyak pembeli dan penjual

9. Pemahaman konsep nilai waktu uang diperlukan oleh manajer keuangan dalam mengambil keputusan ketika…

Jawab : akan melakukan investasi pada suatu aktiva dan pengambilan keputusan ketika akan menentukan sumber dana pinjaman yang akan dipilih

10. Apa yang dimaksud dengan Efisiensi bentuk setengah kuat?

Jawab : jika harga mencerminkan informasi harga historis plus informasi yang tersedia bagi publik.

Leave a Reply